Thursday, October 13, 2011

Cara menjadi analis yang selalu benar

Seorang pemodal beberapa waktu lalu datang kepada saya.  Dia kemudian bertanya:

Pemodal (P): Pak.. bagaimana sih menjadi analis yang selalu benar?

Saya (S): Belajar prediksi yang baik pak.  Anda minimal harus menguasai teori ini, ini, dan ini, baca buku itu, itu dan itu.

P: Waduh… teorinya banyak banget.. bukunya bahasa Inggris lagi.  Susah pak… kira-kira butuh waktu berapa lama untuk bisa kelas ahli?

S: Setelah teori anda kuasai, Minimal 3 – 6 bulan lah untuk latihan.

P: Wah.. sudah susah… lama lagi… apa nggak ada cara yang lebih mudah pak?

Di dunia yang berbasis selebritis seperti ini, menjadi terkenal terkadang menjadi tujuan dari beberapa orang.  Mencari uang dengan bermodal keterkenalan, itu yang dicari, itu yang ingin dicapai.  Nah.. sekarang, karena sekarang kita ngomongnya di dunia pasar modal, maka sebagian orang kemudian merasa bahwa dengan memiliki prediksi yang selalu benar, maka dia akan menjadi terkenal, sehingga dia bisa memperoleh duit dengan gampang.

mengilhami mereka yang berusaha mencapai kesempurnaan dalam prediksi.Cerita mengenai W.D. Gann misalnya, seorang trader yang terkenal di tahun 1930 – 1950an, sering kali Padahal, dibalik prestasinya, sebagian dari orang juga mencurigai bahwa dia hanya kaya dari training fee.

Maklum, ditahun-tahun tersebut, training fee dari WD Gann sudah mencapai US$2000-US$5000 per kepala dengan peserta yang selalu ratusan atau bahkan ribuan sekali seminar.  Orang bilang, duit segitu di tahun itu, sudah sama besarnya dengan harga sebuah rumah kebanyakan.

Bagaimana tidak kaya?

Anyway… Kalau anda adalah orang yang 'penasaran' seperti pemodal yang saya ceritakan tadi diatas, yang ingin memiliki analisis yang selalu benar, dan anda tidak ingin mempelajari ilmu prediksi yang terlalu sulit, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan:

Menggunakan nama samaran
Sebagian orang memang tidak memiliki rasa percaya diri, sebagian yang lain memang tidak bangga dengan nama pemberian orang tuanya, sebagian memang takut akan konsekuensi dari sebuah pendapat, prediksi, rekomendasi, sebagian yang lain memang hanya pengecut, atau juga penipu.  Orang terkadang menggunakan nama palsu untuk melakukan prediksi, sampai orang tahu bahwa sebenarnya dia juga tidak bisa memprediksi.  Nanti tinggal ganti nama yang lain, yang lain, dan yang lain lagi.  Yang penting, selama menggunakan nama yang saat ini dia pakai, dia juga selalu benar.

Tidak melakukan prediksi, tapi menjadi pihak yang benar ketika ada analis lain yang sedang salah prediksi. Ini pasti terlihat seperti benar.  Ketika ada orang salah.. Ikut-ikutan menimpa.  Padahal dia juga tidak pernah memprediksi.  Pasti terlihat benar.

Menjadi 'Market Psychology GURU'

Jadi… yang diomong cuman psikologi markeeeeeet melulu.  Ya sudah pasti benar.  Orang psikologi market itu isinya cuman nilai-nilai positif.  Let your profit run… cut your losses short… be greed when everybody fear… be fear when everybody is greed…  Gak ada nilai prediksinya kan? Mau naik atau turun juga tetap benar kan?

Menjadi 'Sekondan Bandar' yang ahli ngeles

Ketika market bullish… tiba-tiba ada yang komentar: "Hore… XXXX (gorengan) gue naeeek…".

Kalau market bearish, terus menghilang… meninggalkan semua orang yang nyangkut.  Komentar penghibur (kalimat ngeles) yang stadar biasanya adalah: tenang…fundamentalnya kan ok… storynya belum berubah kok… ini kan karena market… atau emang gua dewa tau market mau naik atau turun?  Analis seperti ini akan menjadi analis yang selalu benar.

Memiliki dua pendapat yang berbeda pada saat yang bersamaan

Sekarang posisi IHSG sedang di posisi 3400-an.  Kalau seorang analis memiliki prediksi bahwa IHSG akan ke 2000 dan IHSG ke 4000.  Pendapat yang berbeda ini bisa jadi dibingkai dengan periode short term dan long term, atau jangka waktu yang berbeda.  Salah satu dari target itu pasti salah satu akan tercapai.  Dia akan menjadi analis yang selalu benar.

Analis 'Sabar menunggu'

"Tenang… sabar… nanti kan target saya kena…" Itu adalah kalimat standar yang sering diobral oleh seorang analis yang selalu benar.  Dengan sabar, menunggu dia berharap kalau harga akan menjemput targetnya di suatu saat nanti. Well… kalau rekomendasinya bullish… gpp lah.. karena market akan mencapai targetnya eventually (dalam waktu yang sangat panjaaaaaang di masa yang akan datang).  Tapi kalau rekomendasinya bearish? hm… harusnya analis ini tahu kalau market menghabiskan 2/3 waktunya untuk naik, dan hanya 1/3 untuk turun.  Jadi.. rekomendasi bullish memang bakal lebih mudah tercapai dibandingkan dengan rekomendasi bearish.

Memiliki banyak prediksi yang disampaikan ke berbagai kelompok orang yang berbeda

Ini juga selalu benar… at least untuk satu kelompok tertentu.  Selama dia bisa mengingat apa yang dikatakan ke masing-masing kelompok yang dia datangi, analis itu akan menjadi analis yang selalu benar.  Syaratnya, dia harus selalu ingat, dimana dia ngomong apa, dan di kelompok mana dia berkata benar, sehingga dia bisa berkonsentrasi disitu. Manajemen kebenaran.  Itu yang bisa membuat analis selalu benar.

Analis teknikal tanpa gambar

Jadi analis ekonomi atau fundamental itu sulit, harus paham berita dan banyak informasi. Lebih enak mengaku jadi analis teknikal.  Tapi, orang sering lupa juga karena jadi analis teknikal itu tidak segampang apa yang dibayangkan.  Sulit karena harus jujur.  Seorang analis teknikal yang baik, akan melampirkan gambarnya ke dalam prediksinya. Karena gambar tersebut kemudian dilihat oleh analis teknikal yang lain, maka analis
teknikal tersebut bisa menilai kualitas dan kejujuran dari analis teknikal tersebut.  Untuk 'menyelesaikan' hal ini, sehingga seseorang bisa menjadi analis yang selalu benar, maka dia melakukan analisa teknikal kemana-mana dengan tanpa menggunakan grafik.  Analis ini akan menjadi analis yang selalu benar.

Serigala selalu 'Hunting in Pack'

Pernahkah anda datang ke suatu acara seminar, kemudian anda bertemu dengan teman-teman dari pembicara yang ternyata adalah orang-orang yang memiliki pendapat yang berseberangan dengan pembicara ketika berada dalam suatu kelompok diskusi?  Well.. orang bilang serigala itu berburu dalam kelompok (hunting in pack).  Kalau ada sekelompok orang yang memiliki pendapat berbeda, sebagian pasti akan menjadi mereka yang benar.  Nah.. mereka yang benar ini kemudian membuat seminar.  Anda mengikutinya.  Mereka serigalanya, anda dombanya.  Indah bukan dunia ini?

Kisah sedih ini sebenarnya adalah kisah sedih mengenai dunia persahaman di Indonesia.  Orang seakan-akan dibuat terpaku dengan sebuah drama yang bernama Pasar Modal sehingga mereka rela untuk menghalalkan segala cara agar bisa menjadi raja di dunia persilatan itu.

Saya sih… cuman pelaku kecil.  Ilmu juga cuman segitu.  Prediksi juga masih salah-salah. Porto hanya cukup untuk menyenangkan diri sendiri.  Tujuan saya hanya sederhana: untung, beli ketika mau naik, jual ketika mau turun (heran… semboyan ini kayanya sudah ditiru dimana-mana ya.. hehehe), dan disiplin.  Dapat sedikit ya alhamdulillah, dapet banyak ya alhamdulillah juga.  Memberikan yang terbaik untuk sesama, pengabdian yang
terbaik, yang tentu saja dilandasi dengan integritas yang tinggi.

Menjadi analis yang selalu benar, tidak penting bagi saya.

Happy trading… semoga untung!!!

Artikel ditulis oleh Satrio Utomo. [ed: Boy 024-70609694]

17 comments:

  1. boss, kalo copas cantumin aslinya dong.. malu2in almamater aja..

    ReplyDelete
  2. copas dari blognya Bung Satrio Utomo nih.. zzzzz

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf sepertinya ada yang protes dengan artikel yang anda posting ini....
    coba buka link berikut ini
    http://rencanatrading.wordpress.com/2013/04/03/say-no-to-plagiat/

    ReplyDelete
  4. maaf sepertinya ada yang protes dengan artikel yang anda post ini
    http://rencanatrading.wordpress.com/2013/04/03/say-no-to-plagiat/

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. bluetooth acorp драйвер скачать
    драйвер nvidia geforce fx 5600
    pavilion dv4 1050er драйвера
    драйвер sis 330 mirage
    hp laserjet 1505 драйвер


    http://www.knight-gaming.com/forum/member.php?54149-Arpoorta
    http://itcomshop.ru/forum/memberlist.php?mode=viewprofile&u=23893
    http://limitet.ru/user/Arpoorta/
    http://privatemaster.thenewbieuniversity.com/index.php?action=profile;u=4407
    http://mesmoney.net/memberlist.php?mode=viewprofile&u=484

    http://flavors.me/rirewheloop
    http://flavors.me/rozzfrenotil
    http://flavors.me/footstidistspeak
    http://flavors.me/battdirclesswoo
    http://flavors.me/Derekas

    ReplyDelete
  8. [url=http://nezavisimaja-avtojekspertiza-dtp.partner-kitaimobile.ru.com]автоэкспертиза независимая[/url] независимый ущерба оценка в городе орехово эксперт зуево машины
    независимый ущерба оценка в городе зуево эксперт орехово машины [url=http://nezavisimaja-avtojekspertiza-posle-dtp.partner-kitaimobile.ru.com]автоэкспертиза независимая[/url]

    ReplyDelete
  9. [url=http://otoplenie-moskva.ssr-s.ru/proektirovanie-otopleniya/montaj-kotlov-otopleniya-ramenskoe.html]монтаж котлов отопления раменское[/url] [url=http://otoplenie-pirogovo.ssr-s.ru/proektirovanie-otopleniya/avtonomnoe-otoplenie-dnepropetrovsk-cena.html]автономное отопление днепропетровск цена[/url] [url=http://otoplenie-shahovskaja.ssr-s.ru/montaj-otopitelnogo-oborudovaniya/kotli-otopleniya-na-tverdom-toplive-bosh.html]котлы отопления на твердом топливе бош[/url] проект отопления и канализации павловский посад водоснабжение монтаж котлов ступино [url=http://otoplenie-zhukovskij.ssr-s.ru/montaj-otopitelnogo-oborudovaniya/sistema-otopleniya-kan-therm.html]система отопления kan therm[/url] [url=http://otoplenie-klin.ssr-s.ru/otoplenie-ofisov/gazovie-navesnie-kotli-otopleniya-navien.html]газовые навесные котлы отопления navien[/url] звенигород монтаж систем отопления котел газовый отопительный настенный [url=http://otoplenie-golicino.ssr-s.ru/proektirovanie-427-11.html]проектирование[/url] автономное отопление и водоснабжение пример проекта отопления частного дома отопление с верхней разводкой

    ReplyDelete
  10. [url=http://debet-kredit.ssr-s.ru/kredit-nalichnymi-v-otp-bank.html]кредит наличными в отп банк[/url] кредит европа банка
    все банки екатеринбурга дающие кредит до 10 лет
    [url=http://luchshie-kredity.ssr-s.ru/finansi-i-kredit/chto-takoe-kredit-i-debit.php]Что такое кредит и дебит[/url] миг кредит тамбов
    [url=http://kredit-s-plohoj-istoriej.ssr-s.ru/gde-vzyat-kredit/osteklenie-balkonov-v-kredit.php]Остекление балконов в кредит[/url] газпромбанк кредит екатеринбург
    [url=http://gde-oformit-kredit.ssr-s.ru/denejniy-kredit/kredit-vzyat-srochno.php]Кредит взять срочно[/url] кредит работающему не официально

    ReplyDelete

  11. Hollingsworth wouldn't comment, but a spokeswoman for the governor's office said he wasn't misleading."The EFI application, which Adam completed after 2009 when he had his degree, did not request a graduation date so one was not [url=http://unicard.in/honeywell.aspx]basketball jerseys wholesale nba jersey cheap[/url] provided," Melissa Sellers wrote in an email.The Herald/Times reported that Hollingsworth twice claimed a degree from Alabama in connection with his work for the CSX Transportation Corp, which [url=http://lampit.in/product.html]chargers jersey authentic nfl jerseys[/url] he left in 2004. Hollingsworth last week acknowledged a "misrepresentation" and "failure in judgment." But he denied that his departure from CSX was [url=http://myhumanet.com/productpackage.html]chargers jersey Giants Jerseys Sale[/url] linked to his false claim that he had earned a degree when he hadn't.Also, Hollingsworth didn't tell Scott about the matter until a reporter asked him Friday.Scott, however, is standing by his chief of staff and said Tuesday that Hollingsworth will "continue to do a great job."On Tuesday, new records released by the governor's office showed that Hollingsworth wasn't completely forthcoming when it came to the Enterprise Florida application. The application instructions had straightforward demand for transparency: "The questionnaire MUST BE COMPLETED IN FULL."On his application for the Enterprise Florida appointment, Hollingsworth wrote: "University of Alabama, [url=http://unicard.in/honeywell.aspx]Patriots Jerseys On Sale Cheap Patriots Jerseys Sale[/url] 1986-1990, BA, Communications." The official state document, submitted to the governor's office, was notarized [url=http://reverselogistics.in/news-sep-16.asp]personalized jerseys Ravens Jerseys For Cheap[/url] and date-stamped.The Florida Senate, which would have confirmed his position, never delved into Hollingsworth's background, however, because he withdrew his application in the fall of 2011, so it stopped the vetting process, said Senate spokeswoman Katie Betta.Hollingsworth was more precise on later, separate applications to Scott's office when he put in for the position of chief of staff. On that employment application dated May 21, 2012, he disclosed correctly that he received his degree in December 2009.Sellers indicated that these subsequent acknowledgments show Hollingsworth was not trying to hide anything."Reading anything else into [url=http://lampit.in/product.html]Patriots Jerseys On Sale Cheap Giants Jerseys Sale[/url] that completely ignores the two other state applications, also filled out after 2009, which include information about the 2009 degree," she said.But all the documents asked essentially the same question: When Hollingsworth attended university.Yet Hollingsworth gave two separate answers.Asked why he gave different responses to the same question, Sellers said "I think it was just different forms with different questions."

    ReplyDelete
  12. [url=http://acheterviagrageneriquepascher.com/]achat viagra[/url] viagra 50 mg orodispersible
    [url=http://precioviagragenericoespana.com/]viagra generico[/url] comprar viagra generico
    [url=http://prezzoviagragenericosenzaricetta.com/]costo viagra[/url] viagra 50 mg costo
    [url=http://viagrapreisegenerika.com/]viagra generika[/url] viagra bestellen

    ReplyDelete
  13. [url=http://acheterviagragneriquefrance50mg.com/]viagra acheter[/url] viagra
    [url=http://acquistareviagragenericosenzaricetta.com/]acquistare viagra[/url] viagra comprare
    [url=http://comprarviagragenericobarato.com/]viagra sin receta[/url] viagra espana
    [url=http://viagragenerikakaufendeutschland.net/]viagra kaufen[/url] viagra

    ReplyDelete
  14. With thanks. I value it!
    This is very interesting, You're a very skilled blogger. I've joined your rss feed and look forward to seeking more of your great post
    my web blog - http://www.onlinecigarettestoreus.com/

    ReplyDelete
  15. [url=http://acheterviagrageneriqueenligne1.com/]acheter viagra[/url] viagra acheter
    [url=http://comprarviagragenerico25mg.com/]viagra generico[/url] viagra comprar
    [url=http://acquistareviagragenericoonline.com/]acquistare viagra[/url] compra viagra in italia
    [url=http://viagrakaufengenerika25mg.com/]viagra kaufen[/url] viagra

    ReplyDelete

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers