Thursday, April 22, 2010

Bisnis Haruskah Bermodal Besar "???"

Mau usaha tapi tidak punya modal yang cukup, itulah problem terbesar bagi para pemula dalam dunia usaha. Apa buka usaha itu harus punya modal yang besar dahulu???

Pasti jawabannya belum tentu, karena dengan modal sedikit alias pas-pasan pun Anda saya yakin bisa memulai mengembangkan usaha sendiri. Didalam website ini pun kami telah banyak berikan ulasan, tips-tips, motivasi dan ide-ide bisnis dengan modal kecil beserta analisa usahanya.

Untuk memantabkan tekat Anda untuk berbisnis, alangkah baiknya Anda mencermati tips-tips berikut:

1. Ubah mindset Anda yang beranggapan bahwa suatu usaha hanya bisa dimulai jika mempunyai sejumlah uang sebagai modal usaha. Seorang calon entrepreneur sejati tidak akan mengurungkan niat untuk membuka usaha hanya karena tidak memiliki modal. Sebaliknya, entrepreneur sejati akan memanfaatkan segala potensinya untuk bisa menghimpun modal yang diperlukan, misalnya dengan memanfaatkan jaringan relasi dan reputasi baik yang dimiliki untuk untuk bisa mendapatkan pinjaman lunak dari kolega atau relasi.

2. Hilangkan anggapan bahwa memulai usaha harus langsung besar dan mapan. Kebanyakan pengusaha sukses merintis usaha mereka dari nol lengkap dari segala pahit getirnya perjuangan mereka.

3. Tekan kembali perhitungan modal usaha Anda. Sebagai contoh, untuk mengurangi kebutuhan sewa tempat, Anda bisa patungan bagi hasil dengan teman yang mempunyai lokasi usaha yang bagus.

4. Kreatiflah mencari sumber-sumber permodalan, yang bisa dimanfaatkan, jika memang kebutuhan modal hasil hitungan Anda sudah tidak bisa ditekan lagi. Sumber-sumber permodalan ini bisa berasal dari institusi keuangan atau perorangan.

Artikel diambil dari sebuah milis dan disadur kembali oleh:
Koko Jorganizer: 024.7060.9694
D'profesional historian with great enterpreneur skill.

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers