Wednesday, August 24, 2011

Memulai Bisnis dari Hobi

apa itu hobi? hmm... sesuatu yang bikin mood kita nyaman untuk ngelakuinnya. hobi bisa berarti kebiasaan,  yang pastinya nggak lepas dari diri kita. Mengenai hobi, bisa bermacam-macam tergantung masing-masing orang. setiap orang pasti berbeda satu dengan yang lainnya tergantung minat dan selera. Hobi kadang bisa membuat orang lupa. Lupa bagaimana?

Seseorang yang punya hobi tertentu pasti sangat menikmati hobinya sehingga lupa akan waktu dan pekerjaannya.

blogging

Hobby adalah cara tepat untuk memulai bisnis. Itulah kalimat yang pertama terbaca pada sebuah buletin yang kebetulan saya temukan di kampus. Sebuah buletin harian kecil yang cukup menarik perhatian saya, semua penjelasan yang saya terima sangat mengena dengan apa yang saya pikirkan selama ini. Ya, menggabungkan antara kesenangan, minat dan bakat dan memulai bisnis dengan modal tersebut. Dengan begitu, kita kita tidak akan merasa berat apalagi terbebani dalam menjalani pekerjaan atau membangun bisnis. Seolah-olah kita melakukannya sambil bersenang-senang dan bermain. Selain itu, dengan menjadikan hobi sebagai modal awal berbisnis memberi banyak keuntungan, karena sudah pasti kita banyak mengetahui seluk beluk bahkan sampai detil dari hobi yang kita tekuni.
Walaupun kita menjadikan hobi sebagai bisnis yang benar-benar baru, kita sudah mempunyai bekal dan basis pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang memadai, walaupun kita baru pertama kali memulai bisnis. Tak terkecuali dengan hobi ngeblog, bila ditekuni tentunya bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis, walaupun dimulai dengan kecil-kecilan seperti pay per click, jualan link, dan paid review, tetapi kalau benar-benar ditekuni dapat membantu kita ke arah bisnis yang lebih serius (internet marketing). Tentunya kita tidak mau meninggalkan pekerjaan dan menggantungkan hidup pada AdSense dan paid review saja kan? :) ) Nah beberapa hal berharga yang saya dapatkan dari informasi tersebut dan ingin saya bagikan kepada teman-teman, dan bukan berarti seolah-olah saya sebagai pebisnis sukses, tapi saya cuma seorang pemula yang ingin berbagi hal-hal bermanfaat buat kemajuan terutama kita sebagai blogger รข†"

Tekuni Hobi kita

Be DiligentJika selama ini kita menjalani hobi sebagai kegiatan pengisi waktu luang atau cuma iseng, mulai kini kita sebaiknya harus tekun berlatih. Practice makes perfect. Sudah banyak teori dan tutorial yang bisa dipelajari dan dipraktikan. Latihan bisa dimulai dari apa saja, misalnya latihan menulis, berbahasa inggris, mencari trafik, berpromosi, SEO, disain, pemrograman, yang dapat meningkatkan kemampuan kita sehingga kita mampu menghasilkan produk terbaik yang tentu saja menaikkan nilai jual.

Tambah pengetahuan

Knowledge

Pengalaman dari diri sendiri tidaklah cukup. Kita perlu menambah wawasan melalui kursus, pelatihan/workshop, atau seminar yang berkaitan dengan hobi (ngeblog). Tidak hanya pengetahuan yang kita dapat, personal branding bahkan prestise bisa kita dapatkan. Dan kepercayaan dari orang lain pun kita dapatkan. Tak ada salahnya mengikuti forum-forum, karena bisa jadi kita malah bisa ketemu sama ahlinya langsung.

Belajar dari ahlinya

learning

Pengalaman sebagai guru yang terbaik tidak selalu datang dari diri sendiri. Kita bisa menimba ilmu dari pengalaman pelaku bisnis online yang telah sukses mendahului kita. Belajar langsung dari sang master tentu saja merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan dan bahkan membantu kita memperoleh hasil yang maksimal sambil mengukur sejauh mana kemampuan dan kerja keras kita.

Pasarkan produk

Marketing

Jika ngeblog adalah langkah awal untuk memasarkan produk, maka langkah semestinya adalah memanfaatkan internet untuk menawarkan produk kepada konsumen yang tepat. Hal ini bisa dimulai kecil-kecilan dari penawaran lewat blog sendiri, melalui iklan baris, dan melalui forum atau komunitas yang diikuti.

Promosi

Marketing Billboard

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa lewat situs iklan gratisan, ulasan berbayar, milis, personal (di blog pribadi), dan sebagainya. Untuk keberhasilan promosi tentu saja harus membuat semacam riset dan rencana bisnis walaupun sederhana, terutama untuk menghindari sia-sianya tenaga, waktu, dan biaya.

Jalin kerjasama

Cooperation

Internet marketing tidak semuanya dilakukan dengan sendirian, walaupun kita telah melihat banyak pribadi yang sukses dari dalam dan luar negeri yang menjalankan bisnisnya secara perseorangan. Bekerjasama dan membuka jaringan yang sebanyak-banyaknya membuka kesempatan yang lebih luas lagi untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih maju.
Mungkin dalam hidup kita memiliki banyak sekali hobi. Dari beberapa hobi tersebut, sebaiknya kita perlu tahu mana yang bisa dibisniskan. Bila blog termasuk salah satunya, maka beruntung karena hobi yang satu ini mempunyai peluang besar untuk menjadikan sukses seseorang :)


 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak, saran dan kritik akan kami terima dengan senang hati. Anda sopan kami segan.

Followers